Lawang Surya Kencana: Bogor Kuliner Review

Terletak tepat di depan Kebun Raya Bogor -- Lawang Surya Kencana menjadi pusat kuliner Bogor yang menawarkan berbagai makan khas kota Bogor yang sangat mengundang selera. Saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Minggu, 11 Des 2016 kemarin, saya menyempatkan diri untuk mencoba kuliner di sana.

Tepat di sebelah kiri pintu gerbang terdapat kelenteng tua yang bisa menjadi alternatif wisata murah alias gratis. Di samping kelenteng ada pusat perbelanjaan Yogya supermaket dan atm. 

kelenteng tua
Sebelah kanan gerbang  berjajar pedagang bunga potong di pelataran toko-toko sepeda dan mainan anak. Jika kita telusuri jalan ini maka street food dengan gerobak mau pun warung makan berjajar menawarkan berbagai pilihan. Jika menemukan gang, tidak ada salahnya mencoba masuk ke dalam. Siapa tahu bisa ditemukan makanan yang cocok dengan selera. 

Makan apa saya siang itu?

Ada banyak makanan khas Bogor yang ingin saya coba. Namun pada akhirnya, saya harus menyerah pada kapasitas isi perut. Kenyang,Bro...Ngak muat lagi kalau harus memakan semuanya. Dan pada kesempatan ini saya cuma bisa review makanan ngohiang dan asinan buah Bogor.
kuliner bogor
toge goreng Pa Raisan ngetop banget loh
Belum sempat mencoba makanan ini : toge rebus ( kenapa disebut goreng,ya? ), mie basah, tahu, kupat dan siraman saos kacang dan dibungkus dengan daun pisang.
kuliner Bogor
Ngohiang  ( ada pilihan halal berupa daging ayam ) 
Ngohiang atau ngo-hiong dalam dialek hokkian adalah 5 bubuk rempah dengan aroma dan rasa manis, asam, pahit, dan asin yang sangat popular dipakai dalam masakan Tionghao. Biasanya terdiri dari bubuk bunga lawang, cengkeh, kayu manis , andaliman ( sejenis kulit jeruk ) dan biji adas.   

Makanan khas Ngohiang adalah makanan China peranakan, umumnya terbuat dari daging babi cincang dan diberi bumbu ngo-hiong. Dibentuk memanjang seperti lontong dan dikukus dengan kulit tepung seperti rolade dan digoreng renyah. Cara penyajian, diiris tipis-tipis dan diberi saos yang terbuat dari tepung sagu dan gula aren. Dimakan dengan kentang rebus dan tahu serta irisan acar lobak, timun dan wortel yang memberi sentuhan asam segar. Satu porsi dihargai Rp 32,000

Note : Saya kurang terkesan dengan Ngohiang Suryakencana. Saya pribadi merasa makanan ini agak flat/datar/hambar. Saya curiga mereka lupa memasukkan bumbu ngo-hiongnya atau terlalu sedikit sehingga aroma bumbunya hampir tidak terasa.
kuliner bogor
Asin Buah Bogor
Asinan Bogor terdiri dari asinan buah dan asinan sayur. Saya memilih 1 porsi asinan buah terdiri dari berbagai asinan berupa buah kedondong, bengkuang, jambu air, pepaya muda, salak nanas dan mangga muda. Disajikan dengan topping kacang tanah goreng dan sambel hijau. Mirip rujak cuka dengan rasa asam, manis, asin dan pedas.  Satu porsi dihargai Rp 23,000. 

Menurut teman Asinan Bogor yang original terdiri dari berbagai buah eksotis yang lebih beragam seperti anggur, kemang dan buah import lainnya.

0 Response to "Lawang Surya Kencana: Bogor Kuliner Review"

Post a Comment