Pantai Karang Papak

camping, karang papak
Pantai Karang Papak masih terletak di satu kecamatan dengan Pantai Santolo yaitu kecamatan Cikelet. Jaraknya cuma beberapa menit berkendaraan dari Santolo ke arah barat.

Tidak banyak rumah penduduk di sini. Tidak ada penginapan apalagi resort mewah. Fasilitas penunjang juga sangat terbatas. Saat berada di Pantai Karang Papak, tampak ada beberapa bangunan seperti seperti warung makan yang tak berpenghuni berada di ujung pintu masuk. 

Tapi saat masuk lebih ke dalam lagi, ada dua atau tiga rumah sederhana dengan fasilitas mck di pinggir pantai. Rumah tersebut dipakai oleh nelayan tradisional untuk beristirahat setelah turun ke laut sekaligus berfungsi sebagai warung tempat menjual ikan hasil tangkapan.

Masuk ke Pantai Parang Papak, gratis.

Jika mencari suasana pantai yang sepi seolah-olah berada di pantai pribadi, Pantai Karang Papak adalah pilihan yang tepat karena pantai ini tidak seramai pantai di sebelahnya, Santolo dan Sayangheulang. 

Bisa jadi pantai ini memang kurang populer sehingga sepi pengunjung. Tapi bisa juga  karena banyak yang belum mengetahui keberadaan pantai ini.
karang papak, pantai
pantai Karang Papak kala senja sebelum badai

Seperti Apa Pantai Karang Papak itu?

Tidak seperti pantai umumnya dengan ciri khas pohon kelapa yang tinggi, pantai ini dipenuhi sejenis pandan laut berduri. Daratan berpasir lebih tinggi sekitar setengah meter dari sisi pantai terdekat sehingga cocok untuk mendirikan tenda.
 
Garis pantai sedikit landai berpasir warna beige. Bagian terdekat yang berbatasan langsung dengan laut terdiri dari batu-batu karang datar. Bentuk karangnya seperti ditepas pakai parang raksasa. Karena bentuk batu-batu karang tersebut maka pantai tersebut dinamakan Karang Papak.

Ombak pantai Karang Papak tergolong  besar sehingga cukup berbahaya untuk berenang di sana. Namun saat air surut, hamparan batu karang terekspos ke permukaan air dengan lumut dan tumbuhan laut menjadikan pantai ini sungguh menawan.
pantai karang papak
nongkrong di batu karang melihat ikan lewat
Waktu yang disarankan ke pantai ini adalah sore hari untuk mengejar sunset. Bertepatan juga dengan air surut sehingga bisa berjalan di atas karang menyelusuri pantai. Kalau nekat bisa jalan lebih ke pinggir yang berbatasan langsung dengan laut. Kalau beruntung bisa menyaksikan nelayan tradisional yang sedang memancing ikan hanya memakai pelampung.

Camping di Pantai Karang Papak

Buka tenda di pantai tentu saja berbeda dengan camping di gunung. Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja lokasi. Apakah tanah pasir disekitarnya cukup padat sehingga tenda cukup kuat menahan hempasan angin. Jangan sampai tenda kita terbang terangkat angin.
karang papak garut
serasa memiliki pantai pribadi. Sepi, bro

Jangan mendirikan tenda di tempat terbuka apalagi pada saat cuaca tidak bersahabat. Bisa disambar petir, misalnya. Carilah lokasi yang ada pepohonan. Dalam hal ini adalah pohon pandan laut kalau camping di pantai Karang Papak.

Perhatikan juga kondisi tanah di sekeliling. Banyak sarang kepiting kecil di sekitar pantai. Tak jarang juga ada sarang semut. Hindari! Lihat arah angin dan batas air pasang sebelum pasang tenda. Tidak mau 'kan kalau tengah malam terbangun karena banjir air pasang? 
karang papak
camping di pantai pribadi
Pingin camping di pantai? Ayuk, kemping di Pantai Karang Papak saja. Serasa berada di pantai pribadi. Sepi, broo... 

0 Response to "Pantai Karang Papak"

Post a Comment