Situ Cilembang - Danau Biru Sumedang

danau biru sumedang

Situ Cilembang - Danau Biru Sumedang. Penasaran 'kan dengan tempat ini? Benarkah airnya biru? Keren?? Mantap?? Menurut pengalaman, objek wisata yang terlalu diheboh-hebohkan di instagram biasanya tidak sesuai ekspektasi. Apalagi tempat tersebut tergolong masih baru seperti Situ Cilembang.

Salah siapa kalau begitu?

Wajar, menurut saya kalau ada orang  'posting' tempat wisata keren di media sosial sekedar untuk eksis atau pamer. Apalagi yang sedang happening. Saya juga suka melakukannya termasuk posting di blog ini. Yang tidak wajar justru adalah reaksi kita yang terlalu berlebihan.

Curiosity killed the cat, begitu kata orang sana. Rasa penasaran tak jarang membuat kita berharap terlalu tinggi. Kita kemudian membandingkan Situ Cilembang di Sumedang dengan Labuhan Cermin di Kalimantan Timur karena ada blog yang bilang begitu.
situ biru, situ cilembang
situ cilembang, dari sudut ini airnya tosca

Masalahnya, kita sendiri belum pernah mengunjungi kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau pembandingannya sudah sesuai?  Membanding sebuah apel dengan orange tentu saja akan memperoleh gambaran yang keliru. Bilang Gunung Burangrang sama seperti Gunung Semeru jelas beda kelas.

Kita pun berharap Situ Cilembang sesuai photo yang ada. Tapi, sekali lagi walaupun photo tells a thousand words, photo lies too.

Cara mengetahuinya secara pasti, cuma dengan cara pergi ke Situ Cilembang dan lihat dengan mata kepala sendiri. Benarkah airnya sungguh-sungguh berwarna biru, ngak pakai gimmick atau pewarna? Bisakah kita bercermin di sana sambil bedakkan seperti kata orang?

sumedang, situ cilembang
dipagari tali rafia untuk mencegah orang terjun ke air

Saat berada di lokasi -- airnya benaran warna biru. Ngak pakai bohong. Tapi di bagian terjauh dari Situ Cilembang yang terkena matahari langsung, warnanya bening seperti air biasa. Warna biru yang terlihat mungkin disebabkan oleh pantulan cahaya dan berada di antara rimbun pohon. Secara ilmiah kenapa bisa begitu, saya sendiri tidak bisa menjelaskannya.

situ cilembang, sumedang
Aii....situnya mini amat, seperti kolam renang

Walaupun namanya pakai nama situ -  Situ Cilembang berukuran mini. Luasnya cuma seukuran kolam renang standard national. Tidak butuh waktu lama untuk menggelilingi semua sisi situ saking kecilnya.

Hampir di setiap sudut yang berhubungan langsung dengan air, terdapat pagar yang terbuat dari tali rafia untuk mencegah orang masuk ke air. Cuci muka diperbolehkan. Berenang dilarang. Yang ingin berenang tersedia kolam tersendiri, terpisah di bagian luar kawasan Situ Cilembang. Ada warung dan tempat penyewaan ban pelampung.

Yang perlu dijadikan catatan : kondisi Situ Cilembang saat saya berada di sana --- cukup bersih. Tidak ada bekas sampah non-organik seperti botol minuman, bungkus makan dan sebagainya. Tersedia karung goni untuk sampah dan terdapat sebuah jaring bergagang bambu. alat ini kemungkinan dipakai untuk membersihkan kolam dari dedaunan dan sampah. Sebuah usaha penjagaan kerbersihan yang patut diapresiasi.

Parkir : Rp 3000, tiket masuk berupa sumbangan sukarela, dan harus isi absen pengunjung. Jika membawa kamera dslr harus meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kalau terjadi sesuatu yang tidak dikendaki gampang dihubungi, jelas petugasnya

Cara menuju Situ Cilembang - Sumedang

situ cilembang
situ cilembang sumedang
Dari Bandung menuju Situ Cilembang rutenya adalah sebagai berikut :
  • Jatinangor - Tanjung Sari - Cadas Pangeran - Sumedang
  • Dari Sumedang ambil patokan bundaran alun-alun Sumedang ( sebelah kiri ada indo-maret ) belok kiri ke arah Cimalaya.
  • Lurus terus sampai lampu merah ketiga akan ketemu terminal Ciakar.
  • Dari terminal ambil arah jalan menuju Cirebon sampai ketemu bundaran tugu air mancur. Belok kiri.
  • Setelah belok kiri, jalan lurus terus sampai ketemu alun-alun Cimalaka. Patokannya adalah patung harimau. Belok kiri
  • Jalan terus sekitar 10 km untuk sampai di Desa Hariang. Setelah ketemu gerbang desa, cari jembatan ( sekitar 400 meter ) dan belok kiri lagi. Tepat di samping jembatan ada papan nama Situ Cilembang.  
  • Sampai deh!

0 Response to "Situ Cilembang - Danau Biru Sumedang"

Post a Comment