Pekik Kemerdekaan di Gunung Puntang

"Disebut Gunung Puntang, karena tracknya bikin orang terpuntang-panting." - Uncle Seronok
Gunung Puntang
Pahlawan gadis menyelamat anak kecil dari bahaya kebakaran - Bumi Perkemahan Gunung Puntang
Ini adalah tahun kedua saya merayakan hari kemerdekaan di puncak gunung. Tahun pertama saya merayakannya bersama sekelompok anak muda bernama 'Hore' di Gunung Padang - Cianjur. Kali ini bersama KUJ di Gunung Puntang.
gunung puntang
Puncak Mega - Gunung Puntang 2223 mdpl
Rencana awal mau pawai bendera bersama komunitas lain yang saat itu juga sedang kemping di bawah kaki Gunung Puntang. Bawa bendera tapi ngak pakai tiangnya. Tapi karena satu atau dua dan tiga hal, tidak jadi pawai bendera.

Untuk mencapai bumi perkemahan Gunung Puntang, dari Bandung telusuri jalan menuju Soreang. Saat tiba di pertigaan Warung Lobak ambil kanan menuju Banjaran. Setelah sampai di pertigaan kota Banjaran, belok kiri menuju Pangalengan.  Sekitar 5 km kemudian belok kiri lagi setelah ada plang tanda Gunung Puntang.
Gunung Puntang
Bekas reruntuhan loji Belanda, stasiun penyiar pertama dan terbesar di Asia Tenggara

Selain menyimpan jejak petilasan zaman Belanda berupa reruntuhan stasiun penyiaran, terdapat pula gua Belanda yang suka bikin merinding saat masuk ke dalam. Ada curug juga ada juga bekas kolam renang berbentuk hati yang disebut sebagai kolam cinta.
gunung puntang
Kolam Cinta - berbentuk hati.
Kemping di kawasan perkemahan Gunung Puntang boleh di bilang cukup lengkap fasilitasnya. Ada kompleks kamar mandi, dan banyak warung makan. Malam tinggal santai sambil main api ungun. 
Gunung Puntang
Bersama ketua KUJ
gunung puntang
main api ungun
Sebenarnya saya sudah beberapa kali ke sini, tapi selalu gagal sampai ke Puncak Mega. Kali ini bersama KUJ, kita mengambil jalur pos PGPI. 

Seperti yang saya sebutkan di awal, track Gunung Puntan membuat orang terpuntang-panting. Mendekati Puncak Mega, terdapat beberapa track curam dan menanjak  harus dengan bantuan tali. Seperti mengerek bendera, kita harus naik sedikit demi sedikit sambil berpegangan dengan tali.
Gunung Puntang
poto courtesy : KUJ
gunung puntang
Pekik Kemerdekaan di Puncak Mega
gunung puntang
poto courtesy : KUJ
Catatan kaki hiking ke Gunung Puntang : mendaki saat kemarau, ada baiknya bawa masker karena banyak debu dan pasir berterbangan. Musim hujan kemungkinan besar track-nya menjadi lebih sulit karena licin, dan tentu jadi lebih berbahaya.

0 Response to "Pekik Kemerdekaan di Gunung Puntang"

Post a Comment