Mengejar Sunrise di Gunung Batu Lembang

Mengejar  Sunrise di Gunung Batu Lembang

Di Bandung hanya ada satu lokasi di mana kita bisa melihat semua gunung yang ada di Bandung secara bersamaan dengan sempurna. Dari puncak Gunung Batu Lembang, lemparlah pandangan ke arah utara, maka di depan kita berdiri dengan gagah Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Putri.

Dari utara putar posisi ke sebelah kanan, kalau cuaca cerah maka akan tampak Gunung Bukit Tunggul dan Gunung Palasari. Masih di arah yang sama di sebelah timur tampak samar-samar gawir patahan Lembang.

gunung batu lembang

Gunung Batu Lembang sendiri merupakan bagian dari patahan Lembang berupa perbukitan yang melintang dari timur-barat dengan lebar sekitar 300 m, dan memanjang sekitar 22 km. Bagian utara relatif turun dengan gawir patahan yang semakin meninggi di sebelah timur kemudian menurun di sebelah barat dan menjadi tidak terlalu kentara di daerah Cisarua.

Dinding patahan Gunung Batu Lembang akan terlihat jelas jika kita menyelusuri jalan dari Maribaya ke arah Desa Cibodas sampai ke perkebunan kina dan Kampung Batu Lonceng.

Gunung Batu Lembang ( 1228 mdpl ) terletak di desa Pagerwangi kecamatan Lembang. Dari arah Bandung, setelah sampai di terminal Lembang ambil arah menuju Maribaya atau Desa Buni Asih. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa pakai delman atau ojek dari pasar Lembang.

Alternatif lain jika mengambil rute dari Dago : ikuti saja jalan Ir. Juanda sampai pertigaan Dago Giri dan Dago Pakar. Belok kiri menuju Dago Giri. Pastikan kondisi kendaraan prima, karena ada sekitar tiga tanjakan tajam yang cukup menantang.

gunung batu lembang

Waktu ideal untuk hiking ke Gunung Batu Lembang, tentunya pada saat pagi hari untuk mengejar sunrise di puncak, atau sore hari untuk menyaksikan sunset. Kalau kemping dan bermalam di sana, siap-siap takjub menyaksikan bintang-bintang jatuh yang berasal dari lampu kota Lembang.

Gunung Batu Lembang tidaklah terlalu tinggi, cukup hiking ke atas sekitar 100-200 meter sudah sampai di puncak. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengejar sunrise di Gunung Batu Lembang, bukan?

0 Response to "Mengejar Sunrise di Gunung Batu Lembang"