Ada Terminal Air di Maroko - Cililin

Dermaga Maroko, Dermaga Bunder
Terminal Air Dermaga Bunder
Saya baru tahu ada terminal air yang menjadi akses bongkar muat barang masyarakat di kecamatan Cihampelas dan kecamatan Saguling di seputaran waduk Saguling. Saat berada di lokasi pada hari Minggu, 27 Nov 2016, situasi Dermaga Bunder agak sepi walaupun tampak beberapa perahu yang menyandar  menunggu penumpang tapi tidak terlalu banyak.

Sekitar 50 meteran sebelum sampai di Dermaga Bunder, tampak sebuah perahu penuh dengan kambing yang akan menyeberang ke desa terdekat. Tujuan saya bersama teman dari komunitas photography adalah restoran terapung di tengah waduk. Ada photo sesi prewed dengan tema nelayan yang mengambil setting di sana.
dermaga maroko, dermaga bunder
pemandangan dari restoran terapung di tengah waduk
dermaga bunder, maroko
tambak ikan di tengah hujan 
Menyeberang dengan perahu dikenakan ongkos sekitar Rp 2,000 / orang tetapi harus menunggu penumpang penuh. Karena Kita datang rombongan jadi diborong dengan harga Rp 30,000 / perahu. Dari tepi terminal air menuju restoran terapung cuma memerlukan waktu singkat.

Menu dari restoran terapung dibandrol sekitar Rp 15,000 / orang untuk ikan nila dan patin bakar atau tergantung permintaan. Sebenarnya tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di atas restoran terapung ini selain makan. Yang hobi mancing bisa mancing, atau jalan-jalan meniti susunan bambu yang berupa tambak ikan terampung.
nila dan patin bakar dengan sambal kecap
karedok dan sambal jahe khas restoran terapung
Terminal air di Maroko ini cocok sebagai tempat berkumpul keluarga -- Kalau datang sendiri? Kecuali suka mancing, tidak disarankan. Karena seperti yang saya bilang tadi -- ya, cuma buat makan-makan dan tidak ada tempat lain yang bisa eksplor.

Jika mau kembali ke terminal air, coba bujuk tukang perahunya untuk keliling waduk dulu. Lumayan bisa putar-putar sambil melihat pemandangan walaupun tidak terlalu banyak. 
dermaga bunder, maroko
pemandangan dari tambak ikan
dermaga bunder maroko
refleksi air dari salah satu poto prewed
Sebelum pulang, sekalian cari tahu Dermaga Maroko -- masih searah dengan Dermaga Bunder dari bendungan air Saguling cuma terletak di sudut berbeda. Dan berikut poto di bawah adalah hasil jepretan di Dermaga Maroko.
sampan di Dermaga Maroko
jaring ikan tradisional

0 Response to "Ada Terminal Air di Maroko - Cililin "

Post a Comment