Cibunut Berwarna yang Instagramable

kampung cibunut, cibunut berwarna, kampung warna cibunut
Kampung Warna Cibunut
Kampung kota yang terdapat di Bandung secara umum bisa dikatakan memiliki karakteristik fisik yang hampir sama satu sama lain. Rumah tanpa halaman berdempetan di antara gang-gang kecil, padat, sempit, kotor, dan cenderung menimbulkan kesan kumuh. Motor berseliweran berebut jalan. Sesama pejalan kaki senggol-senggolan. Anak kecil telanjang kabur dari ibunya saat mandi. Serta bau pete sambal jengkol menyeruak entah dari dapur siapa.

Pengalaman itu sepertinya akrab kita temui saat berada di perkampungan kota, bukan? Kampung mana saja. 

Lalu apa istimewahnya Kampung Cibunut?

Anda harus ke sana sendiri untuk mengetahui jawabannya.  

Sejak diresmikan, Senin, 27 November 2017 - kampung Cibunut mendadak menjadi kampung yang instagramable.  Orang berburu swa-photo ke sana. Namun sedikit yang tahu. untuk nenjadi sebuah kampung kreatif, kampung percontohan, atau pun kampung wisata alternatif seperti kampung Cibunut saat ini ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. 

Dibutuhkan waktu bertahun-tahun serta partisipasi seluruh warganya untuk berperan aktif  sehingga muncul kampung Cibunut Berwarna seperti yang kita kenal saat ini. Demikian dikatakan oleh pemimpin kelompok pemuda kampung Cibunut dengan slogan "Cibunut Finest" untuk program pengembangan perkampungannya.
'Anak Kampung Cibunut jajan' - sudah mandi kayaknya
kampung wisata alternatif, cibunut berwarna, kampung cibunut
anak ini juga pasti sudah mandi
Kampung Wisata Cibunut Berwarna

Konsep mengecat dinding dengan berbagai warna serta seni grafiti atau mural sebenarnya bukan konsep yang baru. Hal yang sama bisa kita temui juga di Kampung Dago Pojok dan Kampung Manteos di Bandung.

Tanpa berniat mengecilkan usaha para pemuda dalam kelompok Cibunut Finest tersebut, menata perkampungan menjadi lebih bersih, nyaman dan aman bagi penghuninya, menurut saya sudah merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Terlepas dari embel-embel  atau label kampung wisata alternatif dikenakannya.
kampung wisata alternatif, kampung cibunut
salah satu sudut rw dengan konsep dan warna dominan merah
Terdiri dari 9 RW, kampung Cibunut Berwarna dibagi menjadi 5 konsep warna dan tema mural yang berbeda. Dominan  warna merah atau orange mengangkat tema world peace, hijau sebagai zona bermain disusul warna kuning untuk kawasan edukasi berwawasan dunia, local genius mematok warna ungu dan kawasan budaya dan tradisional lokal berwarna biru.
kampung wisata alternatif, kampung cibunuk
Gerbang  masuk dari Jalan Sunda
Saat berada di kawasan Kampung Cibunut, kampung berwarna - konsep pembagian 5 zona konsep masih belum sepenuhnya rampung dikerjakan. Masih terdapat banyak bagian yang bolong-bolong alias belum tersentuh cat. Atau banyak dinding rumah yang hanya berwarna solid tanpa ada lukisan.

Tapi, tentu saja hal itu tidak berarti menghalangi kita berkunjung bukan?

Baiklah, khusus pemburu latar belakang atau background unik yang instagramable, Cibunut Berwarna mungkin merupakan tempat alternatif  yang bisa dipertimbangkan. Lokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota, tepatnya berada di jalan Sunda.
kampung alternatif, kampung wisata
Kuning  :  kawasan edukasi wawasan dunia
Kampung Cibunut
Merah : world peace lah
Kalau mau eksplor, tidak ada salahnya berkomunikasi dengan warga setempat mengenai tata cara pengelolahan  sampah, pemanfaatan sampah untuk kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Sekedar info saja. Di sana ada bank sampah loh. Keren, bukan?
cibunut berwarna
Cibunut Finest  - bravo lah
Note : catatan penutup - Cibunut Berwarna
Di masa yang akan datang,  kemungkinan besar akan bermunculan kampung-kampung  kota di Bandung dengan konsep sejenis. Saat itu mempertanyakan keaslian sebuah konsep, siapa meniru siapa,  menjadi tidak penting lagi dan tidak relevan sama sekali. Demikian menurut saya.

0 Response to "Cibunut Berwarna yang Instagramable"

Post a Comment