Hiking Ke Gunung Semeru ( Day 3 - Menuju Ranu Kumbolo )

Silakan baca posting sebelumnya di bawah :
Day 01 - Persiapan
Day 02 - Menuju Gunung Semeru
Gunung Semeru
Menurut saya, Danau Ranu Kumbolo ( 2390 mdpl )  adalah highlight dari pendakian Gunung Semeru. Keindahannya membuat saya mendadak jadi bisu. 

Dari ketinggian bukit tempat saya berdiri, air danau berwarna zambrut. Tapi jika memalingkan pandangan ke arah kiri, warna berubah menjadi biru dengan hamparan ilalang berwarna kuning kecoklatan di sekiling danau yang berbentuk mangkuk.

Saat itu matahari tepat berada di atas ubun-ubun. Itu berarti kami sudah hiking selama hampir 4 jam sejak dari Ranu Pane. Dari salah satu sudut danau, ada sekumpulan warna tenda merah-kuning-orange- hijau tersebar membentuk titik-titik mozaik.

Itu berarti sebentar lagi kami akan tiba di camping-ground. Hore!!!
Gunung Semeru


Danau dengan hamparan pasir kasar berwarna beige kecoklatan.  Sedikit mirip-mirip pantai. Airnya dingin dan pemandangan yang ciamik membuat kita jadi kecentilan tanpa sadar. Kecentilan untuk eksis dan pamer photo.

Kalau bawa speedo, rasanya pingin langsung pakai celana renang cangcut segitiga itu dan langsung jalan-jalan  pamer perut tak sempurna. 

Atau kalau bisa berenang kayaknya langsung lari slow-motion ala film baywatch dan byurr menceburkan diri ke danau.

Tapi Eittsss...semua dorongan tak benar itu langsung buyar. Ada ranger bersenjata toak  berteriak-teriak keras mengancam dari tempat persembunyiannya.
"Hei, cewek yang dekat pohon. Jangan pipis di sana."
Atau...
"Yang sedang photo-photo di batang pohon. Jangan terlalu jauh ke dalam air. Kalau jatuh ke danau ngak bakalan ditolong. Dan diblacklist."

Saya tidak ingat persis kata per kata yang diucapkan ranger lewat toak tapi saya tidak bohong soal pipis dan blacklist. 

Yang ketangkap basah pipis atau boker di danau akan diblacklist. Bukan cuma sipelaku tapi beserta seluruh anggota, seumur hidup tidak boleh menginjakkan kaki lagi ke Gunung Semeru.

Alasannya sederhana : air Danau Ranu Kumbolo adalah satu-satunya sumber air tawar bersih. Jadi ngak ada kompromi. Ngak mau kan minum air campur kencing walaupun asalnya kencing cewek cantik. Atau pas masak nasi, ada udel yang ngapung di air.



 





0 Response to "Hiking Ke Gunung Semeru ( Day 3 - Menuju Ranu Kumbolo )"

Post a Comment