Si Epon jadi tumbal Jembatan Syphon Pangalengan

jembatan syphon pangalengan
Syphon Tjikuningan - Pangalengan
 Ngeri-Ngeri Sedap di jembatan Syphon:
Jalan-jalan tidak harus selalu ke tempat 'tourist spot' terkenal. Banyak tempat-tempat tersembunyi yang tidak kalah asiknya jika kita mau sedikit nge-jarambah. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan uang banyak. 

Misalnya, ada tempat tersembunyi di antara perkebunan teh Malabar - Pangalengan yang disebut jembatan Syphon. Dijamin, tak akan ada yang mengganggap lokasi ini sebagai objek wisata, tempat bunuh diri, mungkin.

Menuruni anak tangga yang sempit ternyata membawa sensasi ngeri-perih-ngilu dengkul. Kalau kita jatuh ke bawah pasti sulit dikenal wujud aslinya lagi.

Jembatan Syphon Pangalengan yang menghubungkan dua bukit ini dulunya merupakan  lokasi aliran air sungai menuju Situ Cileunca yang menjadi sumber air PLTA Cikalong. Dibangun sekitar 1900 tapi sayang tidak ada sumber yang bisa dijadikan referensi tentang lokasi ini.
jembatan syphon pangalengan




Konon cerita, jembatan Syphon ini sudah beberapa kali jebol karena tidak kuat menahan hantaman aliran sungai. Kemudian seorang pengantin muda, cantik dan jelita ( kita anggap sajalah demikian ) diculik dan dijadikan tumbal.

Pengantin yang sungguh 'malang nasibnya dikau' itu bernama Epon, demikian kira-kira asal usulnya kenapa kemudian lokasi ini kemudian disebut jembatan Epon. Dari Epon kemudian di-inggriskan menjadi Syphon, atau karena sebab lain, saya kurang jelas.

Demikianlah kisah sedih si Epon yang jadi tumbal jembatan Syphon Pangalengan.
jembatan syphon, pangalengan





0 Response to "Si Epon jadi tumbal Jembatan Syphon Pangalengan "

Post a Comment