Tidak Ada Paramida di Gunung Padang

Gung Padang, Cianjur







"Manusia prasejarah Goa Pawon yang ditemukan sekitar 40 kilometer dari situs Gunung Padang berusia 10.000 tahun. Pada masa itu, manusia Goa Pawon hanya mampu menghasilkan perkakas batu kasar......."
Jadi tidak dibangun seluruhnya manusia Cianjur. Ini murni punden berundak dan tidak ada piramida, " dikutip oleh Uncle Seronok dari kompas.com
Orang Sunda menyebut bukit dengan gunung dan kata pasir untuk bukit. Dengan ketinggian 885mdpl, menurut Uncle Seronok lebih tepat disebut bukit. Mendaki Gunung Padang tidak perlu persiapan rumit. Cukup bekal air minum secukupnya dan stamina.

Jika stamina cukup fit, mendaki 468 anak tangga batu andesit bisa diselesaikan dalam waktu singkat setengah jam saja. Kalau naik 10 tangga, istirahat 5 menit dalam hitungan matematika untuk mencapai puncak bukit bisa menjadi berjam-jam. 

Kebanyakan istirahat dan selfie, itu namanya.

Uncle Seronok berangkat ke Cianjur tengah malam bersama sekelompok anak muda yang menyebut namanya sebagai grup 'Hore'. Untuk menghemat biaya, kami menginap gratis di mesjid di sekitaran terminal Cianjur.
Gunung Padang, Cianjur
(c)UncleSeronok.blogspot.com
Saat itu tepat perayaan 17 Agustusan, di bawah kaki bukit, ada sekompi tentara membuka tenda. Rupanya mereka sedang melaksanakan upacara di atas bukit Gunung Padang.

Dari tempat ini, perlu hiking beberapa menit sebelum mencapai gerbang yang terdiri dari dua pilar batu di kiri dan kanan dengan tulisan situs Megalith Gunung Padang - Cianjur.

Karena terpengaruh oleh banyak berita di berbagai media massa, sedikitnya Uncle Seronok berharap bisa menemukan reruntuhan yang mirip dengan piramida di Mesir. Tapi kesan pertama ternyata jauh dari bayangan.

gunung padang cianjur
(c)UncleSeronok.blogspot.com
Balok-balok batu berserakan menutupi hampir seluruh permukaan bukit. Beberapa pilar batu tersebut ada yang memiliki bentuk unik sehingga diberi nama oleh penduduk setempat.

Secara fisik lebih menyerupai reruntuhan candi daripada bangunan piramida. Bahkan beberapa tumpukan sangat mirip dengan kuburan massal dengan pilar batu sebagai nisan yang menonjol keluar dari balik tanah.
gunung padang cianjur
(c)UncleSeronok.blogspot.com
Terlepas dari berbagai versi berita di media massa, Gunung Padang ada Piramida atau cuma berupa punden berundak. Biarkan saja jadi ajang perdebatan para ahli arkeolog.

Yang penting kawasan ini termasuk salah satu list objek wisata yang harus dikunjungi untuk kedua kalinya oleh Uncle Seronok.

Kalau menurut Anda, bagaimana?

0 Response to "Tidak Ada Paramida di Gunung Padang"

Post a Comment