Uncle Seronok's Journey to Noble Silent

Borobudur - Maret 2014
Dapat liburan gratis selama 10 hari sudah termasuk makan dan penginapan? Mau ?  Pas liburan Lebaran, pula.

Gile aja, kalau nolak. 

Awalnya dengan motif dapat liburan gratis tapi berakhir dengan dengan perjalanan spiritual yang sungguh tak terduga. Dan tentu saja ada cerita unik yang tak terlalu menggugah.

Liburan yang saya maksud adalah suatu pelatihan meditasi pernafasan ( meditasi vipassana ) yang terbuka untuk umum. Siapa saja boleh ikut asal mengikuti peraturan yang ditetapkan.

Salah satunya, puasa bicara ( noble silent, demikian pelatihan ini dinamakan ). Dalam hal ini komunikasi sesama harus putus total. Tidak boleh ada alat komunikasi. Dilarang bertatapan muka. No-gesture, dan tidak boleh menulis. Tidak boleh nonton TV atau baca berita. Intinya terputus total dari dunia luar.

Kurang berat? 
Yogya Heritage walk - Nov 2014
Ada peraturan  tidak membunuh makhluk hidup. Peraturan ini diwujudkan dalam makanan yang disajikan selama 10 hari. Tidak ada daging beserta turunannya. Tidak ada susu dan embrio yang batal ditetaskan alias telur. 

Tidak boleh konsumsi produk yang membuat hilangnya kesadaran, memabukkan, atau membuat orang menjadi ketagihan. Tidak melakukan tindakan asusila dan terakhir tidak mencuri.

Itu saja bagian tidak enaknya.

Sekarang yang enaknya! Lokasi ada di kaki gunung Geulis, Cisarua-Bogor. Depan belakang sejauh mata memandang ada perbukitan dan villa. 

Tempat tidur di dorm ( isi berempat, berdua atau sendiri ) tergantung nasib baik. Tempat tidur tidak semewah hotel tapi tetap sangat nyaman dan bersih.

Soal makanan vegetarian, eunak kok. Disajikan ala prasmanan dan boleh nambah. Silakan makan sepuasnya. Mirip-mirip all-you-can-eat. Dan tidak ada satu menu yang sama selama 10 hari. Ada buah, dan puding pula sebagai pencuci mulut.

Kegiatan setiap hari cuma duduk meditasi, makan, tidur, dan meditasi lagi.  Rasanya tidak terlalu berat 'kan? Demikianlah yang saya perkirakan dari awal. Toh kalau ngak kuat boleh pulang kok. Nga bakalan dipaksa. Dengan pemikiran demikian saya mengikuti liburan gratis selama 10 hari.

0 Response to "Uncle Seronok's Journey to Noble Silent"

Post a Comment