Di Soreang Sekarang Ada Taman Love

taman love, soreang
Ternyata di Soreang sekarang ada taman love juga.

Di balai kota Bandung ada sebuah kontruksi persegi dari kerangka besi. Tepat di atasnya ada susunan hurup membentuk kata LOVE berwarna merah . Anak remaja mengikatkan janji cinta dengan memasang gembok di taman. Tempat itu kemudian dikenal sebagai taman gembok cinta atau taman love.

Ide membuat taman love sebagai daya tarik tempat wisata, menurut saya pribadi sebenarnya cukup basi. Bertahun yang lalu saat singgah untuk makan di sebuah resto di daerah ciwidey, ternyata juga ada instalasi pohon cemara baja juga difungsikan sebagai pohon gembok cinta. Norak!
taman love, soreang
pemandangan taman love dari atas bukit
Di kota Malang sendiri, taman gembok cinta dengan dominasi warna pink menuai kritik. Saya yakin di berbagai kota lain juga terdapat taman yang serupa.

Taman Love ( baca lope ) terletak di sebuah bukit di Desa Sadu, Soreang berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pasir Pahlawan. Awalnya oleh pemiliknya, lokasi ini mau dibangun villa Dagos -- tapi tidak jelas kenapa kemudian berubah menjadi taman.

Didominasi bunga kotok berwarna orange, bunga knop berbentuk bola-bola warna ungu serta bunga zinnia aneka warna. Dua rangkaian tamanan hias semak berbentuk hati raksasa. Dua rangkaian hati tersebut diperkirakan membuat tempat ini kemudian disebut taman lope dari Gunung Sadu.
taman love gunung sadu
susunan tamanan hias berbentuk hati
taman love gunung sadu
spot favorit untuk selfie ala - ala 'guling-guling' di tanah
Dari bukit kita bisa melihat pemandangan Gunung Sadu di kejauhan dengan rumah-rumah berbentuk kotak di bawah kaki gunung. Indah! Pemandangan seperti ini mirip-mirip pemandangan dari Lembang.

Tapi saat berada di sana, saya merasa ada sesuatu yang kurang. Mungkin karena tempat ini tidak sesuai 'ekspektasi' saya. Tempat ini tergolong tempat yang saat ini sedang diheboh-hebohkan di instagram. Dan saya berharap lebih. Kenyataannya Taman Love ini , yah, begitu-begitu saja.

Agak kecewa sih. 

Tidak ada tiket alias gratis untuk masuk ke Taman Love ini. Cukup bayar tiket parkir. Saat berada di sana suasana cukup ramai, dan tampak ada yang buka tenda di tengah lapangan untuk bermalam. Belum ada gembok-gembok dipasang di sana saat itu. Tapi siapa tahu suatu saat nanti bakalan bermunculan.
taman love gunung sadu
tempat ideal buat pacaran
taman love gung sadu
poto menipu : aslinya tidak seperti yang tampak di poto
Jadi sekarang di Soreang Ada Taman Love.
Minggu 20 Maret 2016

Update !!! Per 10 Desember 2016
Di Soreang sekarang ada taman Love dan....pesawat terbang loh. Rencana pergi ke Taman Love lagi adalah untuk memoto sunset di sana. Tapi seperti biasa saya kurang sabar dan telaten. Jadi di sini saya cuma update dengan gambar terbaru saja.
taman sadu, sorenag, taman love
sekarang ada tambahan pesawat terbang kecil
Saya belum sempat cek type/ jenis pesawatnya. Atau sejak kapan ada pesawat terbang di Taman Love. Kalau ada yang tahu silakan info di komen,ya? Terima kasih. Berikut ini beberapa poto yang mengambarkan suasana Taman Love atau Taman Sadu.
Taman Love, Taman Sadu
baling-baling bambuuu...
taman love, taman sadu
pesawat terbangggg
Sebenarnya gampang sekali mencari lokasi Taman Love, ambil patokan alun-alun Soreang dan ikuti arah jalan mau ke Ciwidey. Ambil patokan Kantor Desa Sadu di sebelah kiri jalan. Beberapa meter dari kantor desa, masih si sebelah kiri, ada belokan / tanjakan dan ada plang besar bertuliskan Taman Love. Anda tinggal ikuti jalan.
taman love soreang, taman sadu
ada restoran di sana, pesan dan makan di bawah payung
Tepat di bawah tanjakan, ada Makam Pahlawan Sadu - bisa sekalian didatangi. Saat saya ke sana, sedang ada acara sekelompok anak pramuka sehingga saya batal masuk ke dalam.
taman sadu
ya, kira-kira demikianlah suasananya.
Kalau malam, konon ramai orang soreang pacaran di sana -- uey, romantis! Yang penasaran boleh coba datang. Tempatnya gratis. Cuma bayar parkir motor - goceng alias lima ribu rupiah saja. Mobil bisa masuk ke atas, cuma harus sabar karena lebar jalan cuma muat satu mobil. Dan yang terakhir, motor harus cukup sehat. Nanjak bro....
taman sadu
Pemandangan dari arah taman love

6 Responses to "Di Soreang Sekarang Ada Taman Love"

  1. bisa sesuai sma di foto asal cuacanya lagi cerah, kalo lagi mendung atau kabut mah pasti merasa si tipu...

    ReplyDelete
  2. jalannya lewat mana kalau dari cimahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil arah ke batujajar, terus masuk ke soreang. Dari sana tanya desa sadu, taman makan pahlawan sadu atau taman lope, banyak yang sudah tahu. terima kasih

      Delete
  3. Itu daerahnya ke ciwidey sebelah mana

    ReplyDelete
  4. Pak jamaludin
    Waktu itu dinas di soreang sekarang di jakarta

    ReplyDelete