Main Petak Umpet di Benteng Pasir Ipis Lembang

pasir ipis lembang
Bisa kok main petak umpet di Benteng Pasir Ipis, Lembang. Sebagian besar dinding benteng tertutup karpet lumut hijau, ada cerukan, ada beberapa anak tangga serta tertutup rimbun semak dan pohon. Tempat ini ideal buat bermain petak umpet atau perang-perangan.

Mengingat kondisi alam Bandung yang berada di dalam cerukan dan patahan pegunungan, sangat wajar kemudian pada masa penjajahan, Belanda membangun benteng pertahanan di berbagai daerah di Bandung.

Di daerah Lembang, saat ini baru diketahui terdapat tiga sisa benteng peninggalan Belanda. Kemungkinan besar masih ada benteng yang lain yang tersebar di wilayah yang lebih luas. Satu terdapat di sekitar Maribaya, Benteng Pasir Malang, satunya lagi Benteng Gunung Putri dan terakhir adalah Benteng Pasir Ipis di Lembang.
benteng pasir ipis
Benteng Pasir Ipis
Lokasi Benteng Pasir Ipis
Berada di Kampung Pasir Ipis, RT05/RW06, Desa Jayagiri, Lembang. Untuk menuju lokasi  kendaraan harus diparkir di desa terdekat dan dilanjutkan dengan hiking sekitar satu jam menuju perbukitan yang cukup menanjak.

Mengutip pernyataan dari ketua karang taruna Pasir Ipis, benteng tersebut dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1891-1930. Kalau dilihat dari lamanya pembangunan benteng tersebut bisa diperkirakan seharusnya benteng tersebut cukup besar. 

Namun saat berada di lokasi, cuma tinggal sepenggal bekas bangunan tinggi dan barisan tembok yang panjangnya menghilang ke dalam timbunan tanah. 
benteng pasir ipis
main petak umpet, yuk....
Adanya peninggalan ketiga benteng tersebut di daerah Lembang menjadi pr bagi kita semua. Apakah bekas benteng tersebut harus dikonservasi, dilindungi sebagai cagar budaya atau kita jadikan sebagai lokasi selfie atau tempat main petak umpet?
benteng pasir ipis
benteng pasir ipis
Mari kita main petak umpet di Benteng Pasir Ipis, yuk...

0 Response to "Main Petak Umpet di Benteng Pasir Ipis Lembang "

Post a Comment